Apa arti STEERING NOT EAT








Steering not eat diucapkan oleh salah seorang jurumudi saya ketika kemudinya tidak makan. Saat itu kami masuk alur Bangkok. Pandu yang membawa rupanya mengerti, langsung meng-kick mesin yang stop dengan dead slow ahead alias maju pelan sekali. Nakhoda mengoreksi dengan steering not attack.


Kemudi tidak makan maksudnya kemudi tidak bisa menahan/membalas sehingga haluan lari karena arus atau angin yang kuat, padahal kemudi sudah dicikar ke arah berlawanan. Biasanya mesin posisi stop untuk mengurangi laju kapal. Dengan meng-kick mesin, kapal bertenaga lagi untuk mengembalikan haluan ke derajat semula.



Kata makan juga digunakan dengan jangkar untuk jangkar makan. Maksudnya jangkar sudah menggigit, mencengkram dasar. Untuk makan yang ini saya temukan penggunaan  bite atau hold. Jika Anda perwira mesin,  bagaimanakah menyatakan dudukannya kemakan?



Kata apa pun yang digunakan untuk menyampaikan pesan selama bisa dipahami tidaklah dilarang.  Tetapi hati-hati, perbedaan budaya bisa menghasilkan tafsiran berbeda.  Istilah meng-kick mesin di kalangan pelaut Indonesia bisa dipahami menggerakkan mesin maju atau mundur sesaat, cukup untuk memberi tenaga gerak pada laju kapal, tidak selalu dimaknai sama oleh bangsa lain. Maka menggunakan istilah standar tentu lebih aman.






Berlangganan artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apa arti STEERING NOT EAT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel