RADIO Komunikasi di Kapal



                

RADIO KOMUNIKASI


Kapal  dari ukuran tertentu  wajib dilengkapi dengan peralatan radio komunikasi.  Perangkat apa saja yang harus ada bergantung ukuran dan zona pelayaran kapal.

Untuk komunikasi suara (radioteleponi) terdapat 2 (dua) macam perangkat radio:


1. VHF Radio
2. MF/HF Radio


VHF Radio

VHF kependekan dari Very High Frequency (frekuensi sangat tinggi) atau  dikenal dengan radio VHF. Radio komunikasi VHF bekerja pada rentang 156 - 174 MHz. Sesuai aturan duplikasi, pesawat ini harus ada 2 (dua) unit terpasang di kapal. Dengan duplikasi itu,  jika satu unit rusak, yang satunya lagi masih bisa digunakan.

Frekuensi radio VHF ditampilkan dalam bentuk channel (kanal). Ada 2 frekuensi penting pada radio vhf. Frekuensi 156.525 MHz = channel 70  adalah  frekuensi Digital Selective Calling (DSC), digunakan untuk memancarkan distress alert. Komunikasi suara (voice) pada channel ini dilarang.


Frekuensi 156.8 MHz =  channel 16 adalah frekuensi marabahaya international. Panggilan bahaya, berita bahaya dipancarkan pada channel ini. Saat berlayar kapal melaksanakan jaga dengar pada  channel ini. Channel ini  boleh digunakan untuk memanggil dan menjawab panggilan. Komunikasi selanjutnya harus pindah ke channel lain.


Di laut masih sering terdengar pelaut yang salah dalam menggunakan channel ini. Mereka ngobrol dan bahkan ada yang memutar musik dari gadget lalu menempelkannya di mic sehingga channel 16 tertutup oleh suara musik. Prilaku buruk  ini benar-benar membahayakan keselamatan pelaut lain.



Two Way VHF
Ini adalah radio genggam VHF. Jumlahnya ada  3 unit, digunakan  dalam keadaan darurat. Radio ini kedap air dan wajib dilengkapi battery  cadangan (emergency battery). Battery cadangan ini   tidak bisa dicharge (not rechargeable) dan ada masa berlakunya.


MF/HF Radio
MF = medium frequency, HF = high  frequency. Radio MF/HF bekerja pada rentang 1.6 sd 30 MHz.
Frekuensi marabahaya internationalnya antara lain  6215 kHz.  Seperti halnya channel 16  pada radioVHF, frekuensi 6215 kHz digunakan untuk panggilan dan berita bahaya. Boleh digunakan untuk panggilan dan jawaban. Untuk kemunikasi lanjut, pindah ke frekuensi lain.


Frekuensi SIMPLEX adalah metode komunikasi dengan satu frekuensi. Memancar dan menerima pada frekuensi yang sama. Contoh: frekuensi 6224, 6227, 6230 kHz, dll.


Frekuensi DUPLEX adalah metode komunikasi dengan dua frekuensi. Memancar dan  menerima dengan dua  frekuensi yang berbeda.Contoh:  pasangan frekuensi 6209/6510, 6212/6513 kHz, dll.

                                      

Gratis berlangganan artikel terbaru via email:

2 Komentar untuk "RADIO Komunikasi di Kapal"

  1. It's hard to come by well-informed people on this subject,
    but you seem like you know what you're talking about! Thanks

    BalasHapus
  2. Tks for visiting. I always refer to the manuals for sure.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel