Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hobi Positif yang Bermanfaat bagi Pelaut


Hobi Pelaut

Perlukah hobi bagi pelaut?

Bekerja di kapal berarti tinggal di kapal. Pelaut bekerja dan tinggal di kapal. Di lingkup yang kecil, bertemu dengan orang-orang yang sama, berminggu-minggu, berbulan-bulan. Penuh rutinitas. Ditambah lagi jauh dari keluarga menyebabkan kejenuhan dan kebosanan gampang muncul mengganggu.

Kelelahan badan dan pikiran tidak boleh dibiarkan. Ia perlu disegarkan. Bukan dengan tablet atau kapsul penambah tenaga. Tetapi dengan kegiatan yang menyehatkan. Karenanya pelaut perlu mempunyai kesenangan atau kegemaran yang baik. Kesenangan atau kegemaran itu dikenal sebagai hobi.

Menurut KBBI, hobi adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama.

Jadi, hobi adalah:
- kesenangan istimewa
- dilakukan pada waktu senggang
- bukan pekerjaan utama

Beberapa hobi yang bermanfaat bagi pelaut

Berikut beberapa kegiatan positif yang dapat memberikan manfaat:

1. Olah raga

Olah raga menuntut gerak. Otot-otot menjadi lentur. Peredaran darah menjadi lancar sehingga tubuh menjadi segar, pikiran menjadi terang.

Beberapa jenis olah raga yang dapat dilakukan adalah lari (running), lari kecil (jogging), bersepeda (cycling), berenang (swimming). Jenis olah raga ini tentu nyaman dilakukan di tempat terbuka, di darat saat kapal sandar.

HOBI JOGGING

Kapal-kapal modern dengan GT besar umumnya dilengkapi dengan sarana gym bahkan permainan seperti tenis meja. Dengan sarana itu, pelaut dapat menjaga kebugarannya.


2. Fotografi

Di laut, saat berlayar,  ada banyak momen indah di cakrawala. Momen-momen itu dapat diabadikan dengan kamera. Hasil jepretan  dapat memberikan  rasa puas, hati menjadi gembira.

HOBI FOTOGRAPI

Memotret juga bisa dilakukan ketika pergi pesiar ke tempat tertentu. Atau sengaja berburu obyek foto di darat saat off work.

3. Musik

Mendengarkan musik atau memainkan alat musik merupakan kegiatan rekreasi yang menyegarkan.  Lagu-lagu tradisional,  balada, religi, punya efek yang menenangkan.

Beberapa rekan pelaut ada yang bersuara bagus, pandai bermain instrumen, bahkan ada yang bisa mengarang lagu. Bermain musik bersama, biasanya saat kapal berlabuh, tentu sangat menghibur.

4. Membaca

Hobi membaca sangat baik karena dapat menambah pengetahuan dan memperluas wawasan. Apa yang bisa dibaca banyak sekali. Bisa buku, artikel-artikel di media online yang menyajikan beragam topik.

Kegemaran membaca menjadi syarat wajib jika mempunyai kegemaran menulis. Banyak membaca melancarkan kegiatan menulis.

5. Blogging

Blogging adalah kegiatan menulis di blog. Apa saja bisa dibagikan. Pengalaman sehari-hari, gaya hidup, atau bahkan tutorial terkait bidang pekerjaan.

Seorang masinis bisa menulis seputar permesinan kapal. Misalnya tentang mesin induk, mesin bantu, pesawat bantu, dll.

Nakhoda atau mualim dapat membagikan pengetahuannya tentang navigasi, memuat, stabilitas kapal, keselamatan, dll.

Manfaat hobi

Banyak hobi positif yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang, mengusir kejenuhan. Di samping manfaat tersebut di atas, hobi juga dapat menambah teman, yaitu dengan bergabung dengan komunitas-komunitas. Bahkan tidak sedikit yang  menghasilkan uang dari hobi yang ditekuninya.

Posting Komentar untuk " Hobi Positif yang Bermanfaat bagi Pelaut"