Apa arti EMERGENCY


EMERGENCY darurat


Merriam-Webster mendefinisikan emergency sebagai an unexpected and usually dangerous situation that calls for immediate action (keadaan yang tidak disangka-sangka dan biasanya berbahaya sehingga  memerlukan penanggulangan segera).

Keadaan ini bisa kita sebut sebagai keadaan darurat. Menurut KBBI darurat adalah keadaan sukar (sulit) yang tidak tersangka-sangka (dalam bahaya, kelaparan, dan sebagainya) yang memerlukan penanggulangan segera.

Ketika berlayar di laut, keadaan emergency bisa saja terjadi. Nakhoda dengan otoritasnya dapat mengambil suatu tindakan dengan alasan keselamatan.


Beberapa contoh keadaan emergency

1. ABK sakit serius. Mungkin akibat kecelakaan kerja. Kondisi pasien yang dipandang membutuhkan penangan khusus dari tenaga medis dapat menjadi alasan Nakhoda untuk meminta agar kapal singgah di pelabuhan terdekat supaya ABK tersebut dapat dikirim ke rumah sakit.

2. Oleh suatu sebab, bahan bakar tidak mencukupi untuk sampai ke pelabuhan tujuan. Jika dipaksakan, bisa terjadi mati mesin atau blackout.  Kapal akan lumpuh.  Nakhoda juga dapat meminta kepada perusahaan agar kapal singgah di pelabuhan terdekat untuk menambah bahan bakar dan lain-lain yang diperlukan.

3. Keadaan darurat yang bersifat distress (marabahaya), misalnya kapal bocor dan air masuk (flooding), kapal kandas (grounding), kapal terbakar (fire), kapal dirompak (piracy), kapal dibajak (hijack), dll. Nakhoda dapat melakukan tindakan penyelamatan atau pengamanan sesuai prosedur yang ditentukan.



Beberapa istilah yang menggunakan kata emergency

emergency call
Permintaan singgah ke pelabuhan terdekat.

emergency lights
Penerangan darurat. Ketika terjadi blackout, penerangan darurat harus dapat berfungsi secara otomatis sehingga crew dapat bekerja melakukan perbaikan.

emergency source
Sumber listrik cadangan untuk menghidupkan  penerangan darurat dan lampu isyarat di malam hari.

emergency battery
Perangkat radio GMDSS kapal wajib dilengkapi dengan emergency battery. Ketika terjadi blackout, perangkat radio  harus masih bisa berfungsi untuk mengirim berita atau melakukan komunikasi suara lewat radio MF/HF atau VHF.

Pengalaman menarik, suatu ketika di Ho Chi Minh, Marine Inspector naik untuk perpanjangan sertifikat SOLAS. MI yang memeriksa radio meminta semua radio VHF dihidupkan. Kemudian meminta supaya power AC dimatikan. Karena radio VHF tetap hidup meski power dimatikan, MI berkesimpulan emergency battery berfungsi dengan baik. Pemeriksaan radio selesai di situ saja.

emergency battery pack
Ini adalah battery cadangan untuk Two Way VHF. Battery ini wajib ada (3 pcs) sesuai jumlah pesawatnya, tidak bisa diisiulang (not rechargeable) dan ada masa berlakunya. 

emergency position indicating radio beacon
Disingkat EPIRB, adalah beacon penunjuk posisi darurat. Alat keselamatan ini memancarkan sinyal ke satelit maritim. Siyal diolah kemudian datanya dipancarkan dan diterima oleh stasiun-stasiun lain diantaranya RCC (rescue coordination center). Data koordinat ini diperlukan oleh tim SAR dalam melakukan operasi pencarian dan penyelamatan. 


Baca Juga:



Gratis berlangganan artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Apa arti EMERGENCY"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel