4 Keterampilan Berbahasa Inggris bagi Pelaut

Keterampilan Berbahasa

Perlukah pelaut memiliki keterampilan berbahasa Inggris? Pertanyaan itu pernah saya temukan di sebuah group facebook. Beberapa anggota menjawab "perlu" dengan alasannya masing-masing. Ada juga yang menjawab "tidak" terlalu. Yang penting bisa ngerti "perintah" saja sudah cukup, kata mereka.


Bahasa adalah alat komunikasi. Bahasa diperlukan untuk menyampaikan pesan. Baik antar pemakai bahasa yang sama atau kepada pemakai bahasa lain. Pada tingkat tertentu, antarpemakai bahasa yang sama saja masih harus diikuti label "baik dan benar" khususnya pada ragam resmi. Bagaimana mungkin interaksi dua atau lebih pihak dari penutur bahasa yang berbeda tidak memerlukan keterampilan berbahasa?


Kata keterampilan berasal dari kata terampil. Menurut KBBI, terampil artinya cakap dalam menyelesaikan tugas; mampu dan cekatan. Maka terampil berbahasa dapat diartikan cakap menggunakan bahasa dalam komunikasi, baik lisan maupun tulisan.


Keterampilan, kecakapan tidak terjadi begitu saja, melainkan melalui proses belajar dan berlatih terus menerus. Keterampilan dapat meningkat jika terus belajar dan berlatih, bisa juga mandeg jika tidak lagi mau belajar dan berlatih.



4 Keterampilan Berbahasa


Medengar (listening)
Ini adalah kecakapan menangkap pesan yang disampaikan secara lisan dalam percakapan langsung, lewat radio atau telepon.

Contoh:
1. How is your rudder?
2. Is a stowage plan available?
3. Warning. Shallow water ahead of you.
4. Regarding your requisition, please specify the electric cable you requested.
5. Your OWS is reported not operational. Do you find any defects?

Dengan keterampilan mendengar kelima contoh di atas dapat ditangkap pesannya dengan mudah,khususnya contoh 1, 2 dan 3 karena menggunakan kalimat pendek. Menangkap isi pesan dapat saja dibantu dengan menemukan kata kunci pada tiap kalimat. Misal, contoh 1 kata kuncinya adalah rudder, contoh 2 stowage plan . Pada contoh 3 kata kuncinya adalah shallow water . Pada contoh 4 specify electric cable. Pada contoh 5 OWS dan defects . Persoalannya adalah, apa yang dimaksud kalimat secara keseluruhan?



Berbicara (speaking)
Keterampilan berbicara diperlukan untuk menyampaikan pesan atau merespon pesan. Mari kita lihat contoh merespon pesan:

Master : How is your rudder?
AB : Rudder tested,OK.

Agent: Is a stowage plan available?
Chief Officer: Here is a copy for you.

VTS: Warning. Shallow water ahead of you.
Master: I am altering course now. Thanks for warning

Office: Specify the electric cable you requested.
Chief engineer: I will send specification ASAP.

Technical Manager: Do you find any defects on your OWS?
Chief Engineer: Yes, defect found. It has aleady been fixed and now operational. Report made soonest.


Kapal yang crewnya multibangsa akan menggunakan bahasa kerja bahasa Inggris. Otomatis semua crew akan menjadi terbiasa dengan bahasa Inggris. Perlahan-lahan kosakata bertambah, pengetahuan akan cara ucap masing-masing bangsa yang berbeda (misal: China, India, Afrika) akan menjadi kaya.



Membaca (reading)
Keterampilan membaca (reading) diperlukan untuk memahami pesan tertulis seperti berita keselamatan (MSI), publikasi pelayaran (publications), buku manual (instruction manuals), laporan-laporan (reports), memahami entry pada form isian. Pelaut yang memiliki keterampilan membaca akan dengan mudah menambah pengetahuannya dengan mengunjungi web site maritim. Keterampilan membaca akan meningkat dari banyak membaca.



Menulis (writing)
Menulis (writing) adalah keterampilan menyampaikan pesan secara tertulis. Nakhoda dan perwira senior laiknya memiliki kecakapan ini. Misal untuk membuat surat pernyataan, berita acara, nota protes dll. Tugas ini sebetulnya sudah dimudahkan dengan adanya form-form yang sudah disiapkan oleh management.


Demikianlah penjelasan ringkas 4 keterampilan berbahasa yang sebaiknya dimiliki oleh pelaut. Kecakapan berbahasa dapat menjadi pembeda seorang pelaut dengan pelaut lainnya.

Gratis berlangganan artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "4 Keterampilan Berbahasa Inggris bagi Pelaut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel