Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jabatan Pelaut di atas Kapal : RATING

Rating Jabatan Pelaut di Kapal


Sudah dibahas di artikel terdahulu jabatan-jabatan pelaut di atas kapal,
Sekarang akan kita bahas support roles atau jabatan pendudukung di kapal, yaitu rating.


Rating adalah jabatan bukan perwira. Ada yang mengistilahkan bawahan. atau ABK

Rating deck terdiri atas :
  • Bosun
  • Mistri
  • Juru mudi
  • Kelasi

Rating engine terdiri atas :
  • Mandor
  • Fitter
  • Oiler
  • Wiper

Rating catering terdiri atas :
  • Chief cook
  • Cook
  • Messboy


Rating Deck

Bosun, Boatswain, Serang adalah kepala kerja ABK deck, merupakan rating berpengalaman. Bekerja di bawah arahan chief officer. Dapat dipastikan bahwa bosun telah melalui jabatan-jabatan di bawahnya, yaitu kelasi dan juru mudi.

Dari jabatan kelasi ke juru mudi setidaknya butuh 1 sd 2 tahun penglaman. Dari juru mudi ke bosun bisa butuh 3 - 4 tahun. Tidak ada patokan waktu yang jelas. Tetapi promosi tentu diberikan karena ybs memiliki conduite yang baik, meliputi disiplin dan kemampuan kerja.

Selain menguasai bidang kerjanya, Bosun juga harus memiliki leadership (kepemimpinan). Dia akan melakukan supervisi, yaitu memberi tugas kepada bawahannya, mengarahkan, memeriksa apakah tugas itu dikerjakan dengan baik atau tidak. Bosun juga harus memahami deck maintenance sehingga dapat merencanakan pekerjaan dan mendiskusikannya dengan mualim 1.

Mistri, Carpenter, Tukang Kayu adalah ABK deck yang berurusan dengan mebeulair, sounding tanki-tanki, air tawar, air ballast. Bekerja di bawah arahan chief officer. Jika tidak ada tugas khusus, ikut kerja harian di bawah bosun. Perusahaan yang tidak menempatkan jabatan mistri di kapal, perannya dilaksanakan oleh bosun.

Juru mudi, Able-bodied seaman (AB), Quarter Master (QM) adalah rating yang melaksanakan dinas jaga. Ikut kerja harian deck di bawah Bosun.

Kelasi, Ordinary Sailor (OS) pelaut pemula. Ikut kerja harian deck di bawah bosun.


Rating Engine

Mandor, Engine Foreman, No. 1 Oiler adalah kepala kerja ABK engine, merupakan rating engine berpengalaman. Bekerja di bawah arahan second engineer. Dapat dipastikan bahwa engine foreman telah melalui jabatan-jabatan di bawahnya, yaitu wiper, oiler.

Sebagaimana Bosun di departemen deck, Mandor di departemen mesin juga harus mempunyai kemampuan leadership, memberi tugas, mengarahkan, memeriksa. Dia harus mengerti mantenance di engine room sehingga dapat merencanakan pekerjaan dan mendiskusikannya dengan masinis 2.

Fitter, Jurulas adalah ABK engine yang menangani pekerjaan las-mengelas. Perusaan yang tidak menempatkan jabatan ini di kapal, perannya dilaksanakan oleh mandor.

Oiler, Juru minyak adalah ABK engine yang melaksanakan dinas jaga. Ikut kerja harian engine di bawah mandor.

Wiper Pelaut pemula. Ikut kerja harian engine di bawah mandor.


Rating CD

Chief Cook, Koki 1, Koki Kepala. Koki berpengalaman. Bertanggungjawab menyiapkan makanan, membawahi koki dua dan pelayan. Koki bekerja di bawah arahan langsung Nakhoda atau perwira yang mendapat delegasi untuk tugas itu. Di kapal yang masih menempatkan Markonis, maka koki dan pelayan berada di departemen catering di bawah komando Markonis.


Dimanakah posisi elektrisen?

Elektrisen, Electrician, Juru listrik biasanya berada di departemen engine, bekerja di bawah chief engineer (KKM). Dia bertugas merawat dan memperbaiki sistem kelistrikan di kapal. Perusahaan yang tidak menempatkan jabatan ini, perannya dilaksanakan oleh perwira mesin yang ditunjuk untuk tugas itu, umumnya masinis 4.


Bagaimana dengan kadet?

Kadet (cadet) bukan rating. Mereka adalah apprentice atau taruna praktek. Mereka calon perwira. Mereka berada langsung di bawah chief officer untuk kadet deck dan second engineer untuk kadet mesin. Lebih jelas tentang kadet dapat dibaca di sini.

Tentang arti kata RATING, ABLE dapat dibaca di sini.

14 komentar untuk "Jabatan Pelaut di atas Kapal : RATING"

  1. terimakasi informasi ini sangat membantu saya sebagai pelaut pemula,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung. Semangat dan sukses buat Mas Bayu.

      Hapus
  2. permisi mau bertanya ,apakah kalau mau apply cook di tanker atau cargo haru mempunyai able atau rating deck? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung perusahaannya, ada yang hanya menysyaratkan BST, atau BST + Food Handling. Untuk tanker biasa minta juga cop tanker.

      Hapus
  3. Mohon penjelasannya, apa perbedaan AB Engine dan Oiler? Kenapa syarat untuk upgrade ATT V harus memiliki pengalaman AB Engine? Padahal jarang sekali ada posisi AB Engine diatas kapal (khususnya kapal operasi Indonesia). Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiler adalah jabatan. Able engine adalah tingkat sertifikat. Arti able sendiri adaklah terampil/berpengalaman. Rating dinas jaga engine dapat mengambil able engine setelah berdinas minimal 12 bulan.

      Hapus
    2. Sepengetahuan saya persyaratan pendidikan seperti pengalaman berlayar untuk jenjang tertentu mengacu pada STCW. Tidak dibuat sendiri oleh institusi pendidikan.

      Hapus
    3. Berarti saya bisa apply ATT V walopun dengan pengalaman Oiler. Mudah²an lancar dan tidak dipersulit. Terima kasih atas penjelasannya pak

      Hapus
  4. Terimakasih sdh menulis artikel ini,dan sngt jls untk di mengerti seperti sy yg baru mau mnjadi pelaut 🙏

    BalasHapus
  5. Ini sangat membantu .terima kasih

    BalasHapus
  6. Temen saya barusan punya bst aff sat sama rating engine itu harus jadi cadet dulu kah apa gimana mohon jawab pak

    BalasHapus
  7. Mohon pencerahan apa sih posisi2 dibawah ?
    Other Ratings, Deck
    Other Ratings, Engine
    Other Junior Officer, Deck
    Other Junior Officer, Engine

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum menemukan istilah baku untuk menjawab pertanyaan di atas. RATING adalah bawahan, istilah ini membedakan dari OFFICER atau perwira.
      Pada dasarnya ada dua rating, yaitu deck dan mesin. Rating sendiri diklasifikasi menjadi rating dinas jaga dan rating terampil/berpengalaman (able). Rating lainnya (other) saya kira adalah rating yang tidak melaksanakan dinas jaga seperti koki, pelayan, elektrisen, kelasi, wiper, fitter, dll.

      Perwira junior (deck atau mesin) adalah para kadet yang sudah selesai prola dan sudah mendapatkan ijazahnya. Ada perusahaan yang menempatkanya di atas kapal dengan istilah traine officer untuk jabatan Mualim 4 atau Masinis 5. Mereka dipersiapkan untuk menggantikan Mualim 3 atau Masinis 4.

      Hapus
  8. Izin bertanya, wiper berarti tidak ikut jaga laut/pelabuhan pak?

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung.