Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa arti LIFTING GEAR

LIFTING GEAR DI KAPAL


LIFTING GEAR adalah pesawat angkat. Pesawat yang digunakan untuk mengangkat dan menurunkan barang. Dengan gerakan menyamping atau tidak. Lifting gear di kapal misalnya:
  • Cargo cranes
  • Derrick booms
  • Provision crane
  • Hoist

Cargo Cranes

Cargo crane, derrick boom, adalah lifting gear untuk bongkar muat. Alat ini penting. Karena penggunaannya yang rutin untuk keperluan muat atau bongkar, laju keausan komponennya cepat. Karenanya harus dirawat dengan baik. Jika terjadi rusak, bisa berakibat keterlambatan bongkar muat dan timbulnya claim. Jumlah cargo crane, derrick boom di atas kapal bisa satu, dua, atau lebih.

Dalam operasi bongkar muat, cargo crane, derrick boom hanya boleh dioperasikan oleh operator terlatih (certified).


Provision Crane

Provison crane sifatnya opsional. Bisa ada bisa tidak, bergantung keadaan. Pada kapal-kapal yang tidak mempunyai cargo crane atau derrick booms, maka keberadaan provision crane menjadi penting. Gunanya untuk mengangkat supply barang, misalnya permakanan, running store, dll yang relatif ringan.

Provision crane sering ditempatkan di bridge deck atau boat deck. Gerakan provision crane terbatas. Naik turun hanya cargonya. Sedang untuk swing ke kiri atau ke kanan kebanyakan dengan engkol manual.


Hoist

Pekerjaan perawatan atau perbaikan di kamar mesin sering membutuhkan bantuan pesawat angkat. Misalnya saat overhaul main engine. Pesawat angkat diperlukan untuk mengangkat cylinder head, piston, atau cylinder liner. Pesawat angkat itu adalah hoist, takal, atau kerek. Apapun sebutannya, alat itu berfungsi memudahkan pekerjaan mengangkat atau menurunkan.

lifting gear: hoist


Hoist pada gambar di atas bisa dipindah-pindah dimana diperlukan. Hoist di atas mesin induk biasanya terpasang pada rel tetap, bisa digeser, menyesuaikan di cylinder nomor berapa akan digunakan.


Kapasitas angkat

Semua pesawat angkat di atas mempunyai kapasitas angkat. Artinya, beban yang diangkat tidak boleh melebihi kemampuan angkat pesawat. Kapasitas angkat itu tertera pada pesawat angkat.


SWL

SWL adalah kependekan dari Safe Working Load, beban kerja aman. SWL 10 T artinya beban yang aman diangkat tidak lebih dari 10 T.

Perhatikan SWL.
Perhatikan beban yang akan diangkat.


WLL

Istilah SWL dipandang tidak spesifik alias rancu. Amerika, diikuti Eropa, kemudian menggunakan istilah WLL, Working Load Limit, batas beban kerja. Istilah limit (batas) memang mengandung arti yang jelas dan tegas.




Kosakata
Do you have a lift?
Apakah kapal kamu ada liftnya?

The vessel is lifting cargo.
Kapal itu sedang menaikkan barang.

gear
gigi, mesin

steering gear
mesin kemudi

lifting gear
pesawat angkat


turning gear
alat toren

crankshaft gear
gigi crankshaft

camshaft gear
gigi camshaft

swing
gerakan menyamping



Demikian tentang lifting gear dan kapasitasnya.


Bacaan

  1. http://generalcargoship.com/lifting-appliance-maintenance.html
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Working_load_limit
  3. http://www.businessdictionary.com/definition/safe-working-load-SWL.html

Posting Komentar untuk "Apa arti LIFTING GEAR"