Apa arti PERANCAH

Daftar Isi
PERANCAH INGGRISNYA SCAFFOLDING


Bekerja di ketinggian

Di kapal, kadang-kadang perlu bekerja di ketinggian. Misalnya untuk pekerjaan mengelas, mengecat atau membesihkan dinding bagian atas. Untuk itu diperlukan titian, ancik-ancik, kuda-kuda. Bahasa kapalnya perancah. Perancah sederhana di kapal, lihat gambar di atas.

Meski terlihat sederhana, tidak dibuat secara sembarangan. Cara mengikatnya harus benar. Jika tidak, bisa berbahaya. Bosun adalah ABK yang menguasa teknik membuat perancah dengan baik dan benar.

Pada gambar di atas terlihat kayu melintang. Kayu ini dipaku pada papan titian, berfungsi menahan agar papan titian tidak menempel pada dinding, sehingga ruang gerak bisa lebih lebar. Pengikatan papan dilakukan terhadap balok melintang sedemikan rupa sehingga papan titian tidak mudah oleng.

Kenapa tidak menggunakan tangga saja? Ruang gerak dengan tangga sangat terbatas, dan bisa jadi tidak aman.



Apa itu perancah

Perancah menurut KBBI adalah batangan kayu, bambu, atau pipa besi yang disambung-sambung ke atas dan ke samping untuk memanjat bangunan bertingkat.

Perancah menurut Wikipedia adalah struktur sementara yang digunakan untuk menyangga manusia atau material dalam konstruksi atau perbaikan gedung dan bangunan-bangunan besar lainnya.

Dari dua definisi di atas dapat disimpulkan:
  • Bahan perancah bisa kayu, bambu, atau batangan pipa besi.
  • Perancah adalah penyangga atau penopang untuk bekerja di ketinggian.


1. Perancah dengan bambu

Perancah menggunakan bambu sering terlihat dalam pengerjaan konstruksi bangunan bertingkat. Biayanya relatif lebih murah. Tetapi punya beberapa kekurangan, antara lain:
  • Memerlukan waktu lama merakitnya
  • Tidak praktis untuk dibongkar pasang
  • Gampang rusak/lapuk karena panas dan hujan


2. Perancah dengan batang-batang pipa

Perancah yang lebih maju, dengan konstruksi batang-batang pipa, ditemukan misalnya pada saat kapal docking. Perancah dipasang oleh 10-15 orang pekerja dock yang khusus mengerjakan itu. Ruang gerak di perancah ini tentu lebih luas.

PERANCAH SCAFOLDING



Perancah ini praktis, mudah dipasang bongkar. Komponennya mudah dikelompokkan. Dengan ukuran yang standar, mudah diganti jika rusak.

Bagaimanakah batang-batang pipa itu dihubungkan? Pada perancah bambu, batang-batang bambu vertikal, horizontal dan diagonal diikat dengan kawat. Sedang pada perancah pipa dijepit dengan brace.


BRACE PERANCAH PIPA


Untuk pemakaian rutin, seyogyanya perancah dicek secara berkala. Sebelum dirakit, wajib dipastikan bahwa semua komponen dalam keadaan baik, aman digunakan.


Ijin kerja

Bekerja di tempat tinggi termasuk pekerjaan yang berisiko. Seperti halnya masuk ruang tertutup, bekerja di bawah air, bekerja di tempat tinggi juga wajib menerapkan prosedur keselamatan dengan benar. Harus ada ijin bekerja di tempat tinggi yang diberikan oleh Nakhoda sebagai pernyataan bahwa faktor-faktor keselamatan telah diperiksa dan memenuhi syarat.



Kosakata

Bekerja di tempat tinggi
Working aloft

Apakah ijin bekerja di tempat tinggi sudah diberikan?
Is aloft work permit granted?

Bekerja di sisi lambung
Working over side

Belum ada ijin bekerja di sisi lambung.
Overside work permit is not yet approved.


Apa bahasa Inggrisnya perancah?
What is the English of perancah?

Bahasa Inggrisnya perancah adalah scaffolding.
In English perancah is scaffloding.

Sebutkan bagian-bagian perancah.
Mention parts of scaffolding.

Apa fungsi pipa verikal?
What are the functions of the standards or uprights?

Bagaimana cara mempersiapkan perancah?
How to set up scaffolding?

Bagaimana cara merakit perancah?
How to assamble scaffolding?

Apakah perancah dicek kelaikannya secara teratur?
Is the scaffolding regularly checked for worthiness?

Bongkar perancah
Disassamble the scaffolding

Posting Komentar