ENGINE TROUBLE, Arti dan Tanda-tanda Adanya Gangguan pada Mesin

Daftar Isi
ENGINE TROUBLE


Apakah arti engine trouble?

Engine trouble adalah masalah atau gangguan pada mesin. I have engine trouble artinya Saya mengalami gangguan mesin. Mesin saya bermasalah.

Engine trouble dapat terjadi kapan saja. Umumnya diketahui saat mesin sedang bekerja, atau ketika mesin tidak mau hidup saat akan dioperasikan.

Ketika mesin sedang bekerja, gangguan mesin dapat dikenali melalui suara tidak normal, parameter yang menyimpang jauh, warna asap, atau menurunnya kinerja mesin. Pada tingkat yang berat, mesin dapat saja mati secara tiba-tiba.

Kemampuan mengidentifikasi gangguan berdasarkan tanda-tanda yang disebutkan di atas bergantung pada pengetahuan dan pengalaman. Berdasar identifikasi itu, troubleshooting atau pelacakan gangguan bisa dilakukan lebih mudah. Tidak menduga-duga, melainkan jelas arahnya, bagian mana yang akan diperiksa lebih dulu.


Tanda-tanda Adanya Gangguan

Mesin yang sedang bekerja dan mengalami gangguan akan memberikan tanda-tanda. Identifikasi tanda-tanda dan tindak lanjut yang tepat akan menyelamatkan mesin dari kerusakan yang lebih berat. Tanda-tanda itu antara lain:
  • Suara tidak normal
  • Bau
  • Warna asap
  • Kebocoran
  • Parameter
  • Getaran tinggi


1. Suara Tidak Normal

Perubahan suara mesin harusnya dapat menarik perhatian. Oiler atau masinis jaga yang berpengalaman tentu dapat membedakan dengan mudah suara mesin yang bekerja normal dan yang bermasalah. Suara mendesis, misalnya, dapat mengindikasikan adanya kebocoran. Suara ketukan keras dapat menunjukkan adanya bagian yang kendor, lepas, atau patah. Tidak ada pedoman tentang suara-suara ini. Pengalaman seseoranglah yang dapat menjadi semacam panduan.


2. Bau Terbakar

Gangguan mesin bisa juga diindikasikan oleh bau yang tidak biasa dan menyengat. Bau bisa ditimbulkan oleh kebocoran oli, benda terbakar, atau akibat suhu yang tinggi. Bau gosong misalnya, biasa ditimbulkan oleh lilitan motor yang overheat.

Sama seperti indikasi suara, indikasi macam-macam bau pun hanya bisa dikenali melalui pengalaman masing-masing.


3. Warna Asap

Kinerja mesin dengan ruang pembakaran (combustion chamber) dapat dilihat dari asap atau gas buangnya. Warna dan kepadatan asap dapat mengindikasikan ada tidaknya gangguan. Asap main engine atau auxiliary engine sering dilihat untuk menilai kualitas pembakaran.

Asap hitam dapat mengindikasikan adanya masalah pada sistem injeksi bahan bakar. Asap putih mengindikasikan bahan bakar bercampur air.


4. Kebocoran

Kebocoran mudah terlihat mata. Selain pada sistem pesawat, pipa yang cacat, penyok, keropos, pecah, patah dapat menjadi sumber kebocoran. Sesegera mungkin kebocoran diatasi. Kebocoran oli, gas, atau air walau kecil jika dibiarkan dapat menimbulkan masalah yang lebih besar seperti pencemaran, kebakaran, genangan air.

Kebocoran besar adalah kebocoran kecil yang dibiarkan


5. Parameter

Ampere, voltage, temperature, pressure adalah diantara parameter. Perubuhan penunjukan dengan deviasi yang besar dapat mengindikasikan adanya gangguan. Misalnya, voltage normal 220V, tetapi penunjukan hanya 190V. Atau temperatur normal 400-450 derajat Celcius, tetapi indikator menunjuk angka 600. Tekanan LO yang diminta di atas 2.0 kg/cm3, sekarang turun di bawahnya. Harus segera dicari penyebabnya dan diperbaiki.


6. Getaran Tinggi

Mesin hidup memang bergetar sebagai pengaruh bagian-bagian mesin yang bergerak (moving parts). Getaran atau vibrasi yang dimaksud adalah getaran yang tinggi. Ini dapat menunjukkan adanya masalah pada mesin

Getaran yang kuat bisa menjalar vertikal dan atau horizontal. Semakin kuat getaran, semakin luas cakupannya. Jika getaran yang intens dan kuat mencapai anjungan (bridge), maka peralatan navigasi elektronik yang hidup, dalam jagka panjang, rentan terpengaruh dan rusak.


Safe Operation and Alarm

Operasi kerja yang aman adalah sasaran. Maka operasi pesawat-pesawat di kamar mesin perlu terus dipantau dengan pengecekan atau sistem monitoring. Pesawat-pesawat tsb dilengkapi dengan safety device dan terhubung dengan alarm. Jika salah satu pesawat atau sistem tidak berfungsi, alarm berbunyi. Apa masalahnya akan dapat diketahui di panel kamar mesin, alarm apa yang berbunyi. Temukan gangguan dan lakukan perbaikan.


Bacaan

  1. https://www.collinsdictionary.com/dictionary/english/engine-trouble
  2. https://www.definitions.net/definition/engine+trouble
  3. https://www.marineinsight.com/guidelines/10-ways-to-identify-faulty-machinery-onboard-ships/

Posting Komentar