INTERCOOLER: Fungsi dan Cara Kerja

Daftar Isi
INTERCOOLER DIESEL ENGINE
Pipa intercooler


ABK mesin tentu tidak asing dengan INTERCOOLER. Dalam artikel ini, lingkup bahasan pada intercooler mesin induk.

Kata INTERCOOLER sendiri terdiri atas "inter" dan "cooler". Inter artinya (di) dalam, cooler artinya pendingin. Jadi, intercooler adalah pesawat pendingin udara secara internal.


Intercooler mendinginkan udara bilas sebelum masuk ke ruang pembakaran


Agar terjadi pembakaran, mesin memerlukan udara. Udara yang disupply oleh turbocharger terpengaruh oleh gas buang karenanya bersuhu tinggi dengan densitas rendah. Maka udara tsb harus didinginkan.

Intercooler mendinginkan udara bilas dari turbocharger sebelum masuk ke ruang pembakaran. Udara yang didinginkan akan bersuhu lebih rendah dengan kandungan oksigen yang lebih tinggi.


Pengaruh udara bersuhu tinggi

Udara bilas yang bersuhu tinggi dari turbocharger mempunyai pengaruh negatif jika langsung masuk ke ruang pembakaran.
  1. Semakin tinggi temperatur udara, semakin besar molekulnya, sehingga semakin sedikit jumlah molekul yang dapat masuk ke ruang pembakaran. Akibatnya tenaga yang dihasilkan berkurang.

  2. Udara dengan temperatur yang tinggi di dalam ruang pembakaran dapat mengakibatkan terjadinya pembakaran awal atau early burning. Artinya, pembakaran terjadi sebelum waktunya (before timming).


Dengan bekerjanya intercooler, udara bilas yang masuk ke ruang pembakaran bertemperatur lebih rendah. Dengan demikian molekul udara yang dapat masuk ke ruang pembakaran lebih banyak, energi yang dihasilkan lebih besar.


Cara Kerja Intercooler

Ketika intercooler bekerja, terjadi dua proses, yaitu:
  • Konduksi
  • Konveksi

Konduksi

Disebut juga hantaran, adalah perpindahan energi panas melalui zat perantara, sedang zat perantaranya tetap, tidak ikut berpindah.

Udara panas dari turbocharger masuk ke pipa-pipa intercooler. Energi panasnya akan diserap oleh pipa-pipa intercooler tsb. Pipa-pipa itu adalah zat perantara yang tidak ikut berpindah.

Udara yang telah didinginkan ini akan masuk ke ruang pembakaran mesin induk melalui intake valve.


Konveksi

Disebut juga aliran, adalah perpindahan energi panas melalui zat perantara disertai perpindahan zat perantaranya.

Energi panas pada pipa-pipa intercooler yang diserap dari udara panas turbocharger akan mengalir keluar bersama media pendingin, udara atau air. Media-media pendingin ini adalah zat perantara.


Perpindahan energi panas dapat terjadi karena adanya perbedaan temperatur.


Macam-macam Intercooler

Ada dua tipe intercooler.

1. air to air intercooler

Intercoooler ini mendinginkan udara panas dari turbocharger dengan udara luar yang dihasilkan oleh kipas pendingin (cooling fan).


2. air to water intercooler

Intercooler ini menggunakan air (water) untuk mendinginkan udara panas dari turbocharger. Air pendingin dipompa masuk ke intercooler fins (kisi-kisi intercooler), bersirkulasi sambil menyerap panas dari pipa-pipa intercooler dan mebawanya keluar.



Bacaan

  1. https://www.autoexpose.org/2018/03/how-does-intercooler-works.html
  2. https://en.wikipedia.org/wiki/Intercooler
  3. https://www.turbosmart.com/news/how-does-intercooler-work/

Posting Komentar