Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menulusuri Blog Pribadi Pelaut dengan Tema Pelayaran

PELAUT NGEBLOG

Saya meyakini pasti ada pelaut yang mempunyai kegemaran menulis kemudian membagikan pengalaman dan pengetahuannya dalam blog pribadi. Maka saya mencoba googling, mencari blog-blog pribadi pelaut dengan tema pelayaran.

Istilah pribadi saya gunakan untuk membedakan dari blog tema maritim yang digarap oleh sebuah tim atau manajemen. Artinya pengelolaan secara profesional untuk murni tujuan bisnis.

Pada blog pribadi, meski sudah menayangkan iklan, unsur fun, kegemaran sebagai latar belakang blogging terbaca jelas. Kesempatan menulis harus diambil dari waktu luang di sela rutinitas sebagai pelaut aktif.

Berikut beberapa blog dengan tema pelayaran yang dinakhodai oleh pelaut secara pribadi.

Blog pribadi pelaut dengan tema pelayaran

Berikut blog pribadi yang membahas ihwal pelayaran:

1. Blog Pelaut

Deskripsi blog: Sharing informasi dan ilmu pengetahuan pelaut
Blogger: Dwi Cahyono, Cilacap

Artikel dalam blog ini dikelompokkan dalam beberapa kategori, antara lain:
  • Engineer
  • Info pelaut
  • Inggris Maritim
  • ISM Code
  • Kisi-kisi Ujian Diklat
  • Nautika
Pada label Engineer dapat dibaca artikel-artikel menarik seperti Low Insulation Resistance pada Electric Heater Tanki Service MFO di Kapal, Bongkar Pasang Cylinder Head Mesin Induk Kapal.

Pelaut yang ingin menambah atau meningkatkan pengetahuannya tentang bahasa inggris maritim dapat membuka label Inggris Maritim. Ada contoh percakapan nakhoda master) dengan kadet mengenai berbagai topik di kapal.

Artikel dalam kategori Kisi-kisi Ujian Diklat tentu perlu bagi pelaut yang sedang mengikuti diklat dan akan menjalani ujian. Terdapat beberapa rangkuman ujian modeling.

2. Maritime World

Deskripsi blog: Belajar dan berbagi informasi dunia pelayaran
Blogger : Wasimun

Terdapat beberapa label sebagai kategori artikel, antara lain
  • Elektronika
  • Listrik
  • Nautika
  • Teknika
  • Permesinan Bantu
  • Permesinan Kapal
Pada kelompok Elektronika terdapat artikel tentang cara merawat radio genggam atau HT. Pesawat ini sering digunakan untuk komunikasi di atas kapal saat olah gerak. Jika tidak dirawat dengan baik, akan mudah rusak. Akibatnya komunikasi muka belakang saat manuver bisa terganggu.

Di label Listrik, dapat dibaca artikel mengenai bahaya listrik dan sistem pengamannya. Disinggung tentang bahaya litrik primer dan secunder.

Dalam kategori Permesinan Kapal ditemukan artikel yang membahas pengertian permesinan secara umum. Dibahas di dalamnya tentang mesin induk, instalasi pipa, dan peralatan kamar mesin.

3. Dimensi Pelaut

Deskripsi blog: Tidak ditemukan deskripsi. Hanya disebutkan di bagian akhir profile, bahwa blog dibuat sebagai media sharing, berbagi informasi.

Blogger: Tidak ditulis nama jelas. Hanya akronim E & I.

Blog ini berisi berbagai artikel yang dikelompokkan dalam label pencegahan polusi, permesinan bantu kapal, tugas jaga di kapal, dll.

Pada kategori tugas jaga di kapal dapat dibaca artikel yang membahas faktor yang perlu diperhatikan dalam mengambil alih tugas jaga, tugas jaga saat darurat kapal, tugas jaga kapal berlabuh jangkar, tugas jaga laut kamar mesin.

Blog lainnya

Sambil terus mencari blog pribadi pelaut lainnya, saya temukan:
  • Info Pelaut(spotdunialautku.blogspot.com)
  • Pelaut Kapal Pesiar (pelautkapalpesiar.wordpress.com)
  • Pelayaran, Pelaut dan Kapal (informasipelaut-pelayaran.blogspot.com)
  • Cara Menjadi Pelaut (profesipelaut.blogspot.com)

Pelaut dan Menulis

Kemauan menulis dari satu dua pelaut sangatlah menggembirakan. Biar pun sedikit, katakanlah lanka, tak jadi soal, yang penting ada. Artinya, masih ada pelaut yang peduli untuk membagikan pengalaman dan pengetahuannya kepada orang lain melalui blog pibadinya.

Blogging adalah salah satu media membagikan tulisan-tulisan pelaut yang bermanfaat. Dalam membaca artikel rekan-rekan pelaut dalam blognya, saya mengabaikan soal-soal teknis penulisan. Saya percaya, selama dilakukan terus menerus, dia akan membaik dengan sendirinya. Yang paling penting adalah menjaga orisinalitas, menghindarkan diri dari pelanggaran hak cipta alias plagiarism.

Kenapa hanya 6

Pasti lebih dari itu. Mungkin 10 atau 15. Kelak jika saya temukan, akan saya tambahkan. Silakan rekan-rekan menambahkannya lebih dulu di kolom komentar. Kriterianya adalah blog pribadi pelaut dengan tema pelayaran.

Selamat berlayar dan menulis.

Posting Komentar untuk "Menulusuri Blog Pribadi Pelaut dengan Tema Pelayaran"