Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjawab Pertanyaan di Kolom Komentar Kamus Pelaut


Banyak pertanyaan di kolom komentar Kamus Pelaut yang belum dijawab. Ada beberapa alasan. Disamping kesibukan kerja adalah rusaknya tombol Balas di kolom tersebut.

Artikel di Kamus Pelaut yang paling banyak mendapat pertanyaan pembaca adalah mengenai buku pelaut online, perpanjangan sertifikat oru, cara menjadi pelaut, kemudian artikel-artikel lainnya.

Menyiasati keadaan itu, Penulis mencoba mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan itu dalam sebuh artikel dan menjawabnya:

Berikut pertanyaan-pertanyan dalam kolom komentar kamus pelaut dan jawabannya:

Temen saya barusan punya bst aff sat sama rating engine itu harus jadi cadet dulu kah apa gimana mohon jawab pak (Rivaldo, 18-07-2022)
Jawab
Kadet adalah taruna yang menjalankan praktek berlayar selama 12 bulan sebagai persyaratan mengikuti ujian akhir dan mendapatkan sertifikat kompetensi deck (ANT) atau mesin (ATT).

Jika rekan Anda adalah murni rating atau bawahan dan belum pernah berlayar cukup langsung melamar ke perusahaan pelayaran untuk jabatan kelasi atau pelayan. Jika menggunakan sertifikat ratingnya (engine), bisa melamar menjadi wifer.


Dear pak, Penerbitan buku pelaut sy 2019 valid 2020. Di kolam 2 taun tidak ada pengechopan..apa bisa di perpanjang.. terimakasih (Ujangsz, 28-06-2022)
Jawab
Pertama, buku pelaut baru biasanya berlaku 3 tahun. Jika terbit 2019, seharusnya berlaku sd 2022. Tentang tidak di-stamp, mungkin lupa. Tiga rekan saya yang baru disijil pernah tidak distamp. Tapi statusnya sudah online di crew list.


Kedua, apakah buku pelaut Anda sudah online atau masih manual? Terbitan 2019 seharusnya sudah online. Kalau sudah online, tentu ada username dan pasword-nya yang bisa digunakan untuk mengajukan perpanjangan secara online kemudian diprint di syahbandar yang dipilih. Dicoba saja.

Lebih mudahnya datang langsung ke syahbandar dan ajukan perpanjangan.


Ambil rating tanpa duduk bisa gak ya? (bimbim, 15-06-2022)
Jawab
Dengar-dengar bisa. Tapi saya belum pernah.


Selamat Malam Pak,izin bertanya untuk NoL pengalaman di Laut,tapi ada relasi yang memberikan Referensi untuk ke Kapal Tanker dengan Posisi bagian Juru Masak.. untuk persyaratan Food Handling nya,jika menggunakan Foodhandling yang Resmi dari BNSP Indonesia apakah bisa,Pak?? Karna sertifikat Foodhandling saya untuk Kerja darat... Terimakasih sebelumnya Pak. (Dodi Irawan, 13-06-2022)
Jawab
Yang utama harus ada adalah sertifikat BST tanker dan sertifikat lain yang terkait tanker yang disyaratkan oleh perusahaan itu. Sertifikat foodhandling (penjamah makanan) sifatnya umum, dan penguat saja , sy kira bisa menyusul.


Maaf pak suprapto, mau tanya mengenai sertifikat oru yang sudah habis masa berlakunya, apakah masih bisa untuk di perpanjang ? (Anonim, 23-04-2022)
Jawab
Umumnya pengajuan perpanjangan dilakukan sebelum bulan expire. Beberapa rekan memang ada yang berhasil setelah bulan expire.

Pengalaman saya pengajuan di masa pandemi dan diberlakukannya pembatasan dengan ketat sehingga terpaksa online. Sekarang sudah longgar, jika ada kesempatan datang langsung, atau hubungi via telpon dulu.


Bagaimana cara untuk menjadi pelaut tengker (Anonim, 23-04-2022)
Jawab
Harus punya sertifikat khusus kapal tanker yang disyaratkan. Lain-lain seperti buku pelaut, paspor sama.


...saya sudah lama tidak melaut rencana mau melaut lagi... Bst saya baru d revalidasi bulan feb-maret kemaren, hanya seamen book saya sudah dari 2015 expirednya kurang lebih... Bagaimana cara perpanjanganya... (Kumzhel, 13-04-2022)
Jawab Jika masih buku pelaut manual, sebaiknya datang ke syahbandar terdekat, ganti baru dengan buku pelaut online. Persyaratan utama BST valid.


port and starboard pula bagaimana pak? (wak lat, 11 April 2022)
Jawab
Port side = sisi kiri kapal
Rig pilot ladder port side = Pasang tangga pandu sebelah kiri.
Port ten = Kemudi kiri 10 (derajat).

Starboard = sisi kanan kapal
Stanby starboard anchor = Siapkan jangkar kanan.
Please passing starboard to starboard = Harap berpapasan kanan-kanan.

....To be updated

Posting Komentar untuk "Menjawab Pertanyaan di Kolom Komentar Kamus Pelaut"