Menjawab Pertanyaan di Kolom Komentar Kamus Pelaut

Daftar Isi

Banyak pertanyaan di kolom komentar Kamus Pelaut yang belum dijawab. Ada beberapa alasan. Disamping kesibukan kerja adalah rusaknya tombol Balas di kolom tersebut.

Artikel di Kamus Pelaut yang paling banyak mendapat pertanyaan pembaca adalah mengenai buku pelaut online, perpanjangan sertifikat oru, cara menjadi pelaut, kemudian artikel-artikel lainnya.

Menyiasati keadaan itu, Penulis mencoba mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan itu dalam sebuh artikel dan menjawabnya:

Berikut pertanyaan-pertanyan dalam kolom komentar kamus pelaut dan jawabannya:

Izin bertanya, wiper berarti tidak ikut jaga laut/pelabuhan pak? (Anonim, 01-09-2022)

Jawab
Rating dinas jaga engine room adalah oiler. Wiper kerja harian ikut mandor mesin.


Dengan pola mesin terbaru yg telah menggunakan kontrol system instrumen enginering yg mana mengadopsi siytem PLC maka posisi elektresen itu dominan dan lebih penting dari posisi Masinis 1 sampai 3 bahkan kapal kapal bisa KO (Knock Out )tanpa elektresen..seluruh perangkat kapal dari ujung haluan sampai buritan kapal memakai kontrol elektrik, tp posisinya di hilangkan ini hebat.. (Arie van ar, 22-08-2022)

Jawab
Sesuai minimum safe manning, kapal dari jenis dan ukuran tertentu WAJIB diawaki oleh personil dan jabatan tertentu. Artinya, jabatan yang tidak wajib, dikembalikan ke perusahaan apakah perlu diadakan jika dilihat dari kebutuhan kapalnya yang real.

Maksudnya, meski tidak wajib, jika perusahaan memandang jabatan tersebut diperlukan, perusahaan dapat mengadakannya.

Saya pernah berlayar di kapal cargo yang dimodifikasi menjadi kontener. Di kapal tersebut elektrisen tidak wajib, tetapi perusahaan menempatkan elektrisen karena secara rutin ada muatan reefer yang perlu dikontrol.

Sekarang penulis berlayar di kapal cargo yang dikonversi menjadi curah. Elektrisen juga tidak masuk safe manning. Tetapi perusahaan menempatkan elektrisen karena alat bongkar muatnya memerlukan perawatan elektrikal.


Temen saya barusan punya bst aff sat sama rating engine itu harus jadi cadet dulu kah apa gimana mohon jawab pak (Rivaldo, 18-07-2022)
Jawab
Kadet adalah taruna yang menjalankan praktek berlayar selama 12 bulan sebagai persyaratan mengikuti ujian akhir dan mendapatkan sertifikat kompetensi deck (ANT) atau mesin (ATT).

Jika rekan Anda adalah murni rating atau bawahan dan belum pernah berlayar cukup langsung melamar ke perusahaan pelayaran untuk jabatan kelasi atau pelayan. Jika menggunakan sertifikat ratingnya (engine), bisa melamar menjadi wifer.


Dear pak, Penerbitan buku pelaut sy 2019 valid 2020. Di kolam 2 taun tidak ada pengechopan..apa bisa di perpanjang.. terimakasih (Ujangsz, 28-06-2022)
Jawab
Pertama, buku pelaut baru biasanya berlaku 3 tahun. Jika terbit 2019, seharusnya berlaku sd 2022. Tentang tidak di-stamp, mungkin lupa. Tiga rekan saya yang baru disijil pernah tidak distamp. Tapi statusnya sudah online di crew list.


Kedua, apakah buku pelaut Anda sudah online atau masih manual? Terbitan 2019 seharusnya sudah online. Kalau sudah online, tentu ada username dan pasword-nya yang bisa digunakan untuk mengajukan perpanjangan secara online kemudian diprint di syahbandar yang dipilih. Dicoba saja.

Lebih mudahnya datang langsung ke syahbandar dan ajukan perpanjangan.


Ambil rating tanpa duduk bisa gak ya? (bimbim, 15-06-2022)
Jawab
Dengar-dengar bisa. Tapi saya belum pernah.


Selamat Malam Pak,izin bertanya untuk NoL pengalaman di Laut,tapi ada relasi yang memberikan Referensi untuk ke Kapal Tanker dengan Posisi bagian Juru Masak.. untuk persyaratan Food Handling nya,jika menggunakan Foodhandling yang Resmi dari BNSP Indonesia apakah bisa,Pak?? Karna sertifikat Foodhandling saya untuk Kerja darat... Terimakasih sebelumnya Pak. (Dodi Irawan, 13-06-2022)
Jawab
Yang utama harus ada adalah sertifikat BST tanker dan sertifikat lain yang terkait tanker yang disyaratkan oleh perusahaan itu. Sertifikat foodhandling (penjamah makanan) sifatnya umum, dan penguat saja , sy kira bisa menyusul.


Maaf pak suprapto, mau tanya mengenai sertifikat oru yang sudah habis masa berlakunya, apakah masih bisa untuk di perpanjang ? (Anonim, 23-04-2022)
Jawab
Umumnya pengajuan perpanjangan dilakukan sebelum bulan expire. Beberapa rekan memang ada yang berhasil setelah bulan expire.

Pengalaman saya pengajuan di masa pandemi dan diberlakukannya pembatasan dengan ketat sehingga terpaksa online. Sekarang sudah longgar, jika ada kesempatan datang langsung, atau hubungi via telpon dulu.


Bagaimana cara untuk menjadi pelaut tengker (Anonim, 23-04-2022)
Jawab
Harus punya sertifikat khusus kapal tanker yang disyaratkan. Lain-lain seperti buku pelaut, paspor sama.


...saya sudah lama tidak melaut rencana mau melaut lagi... Bst saya baru d revalidasi bulan feb-maret kemaren, hanya seamen book saya sudah dari 2015 expirednya kurang lebih... Bagaimana cara perpanjanganya... (Kumzhel, 13-04-2022)
Jawab Jika masih buku pelaut manual, sebaiknya datang ke syahbandar terdekat, ganti baru dengan buku pelaut online. Persyaratan utama BST valid.


port and starboard pula bagaimana pak? (wak lat, 11 April 2022)
Jawab
Port side = sisi kiri kapal
Rig pilot ladder port side Pasang tangga pandu sebelah kiri.
Port ten Kemudi kiri 10 (derajat).

Starboard = sisi kanan kapal
Stanby starboard anchor Siapkan jangkar kanan.
Please passing starboard to starboard Harap berpapasan kanan-kanan.

Mau bertanya bapak, apakah Ratings Able bisa di perpanjang..saat ini? (Anonim, 7 Maret 2024)
Jawab
Terbitan 2021, 2022, 2023 yang ada di kapal saya saat ini sudah tidak ada keterangan masa berlakunya, dulu tertera di sudut kiri bawah.

....To be updated

2 komentar

Terima kasih telah berkunjung.
Comment Author Avatar
Anonim
7 Maret 2024 pukul 17.51 Hapus
Mau bertanya bapak,apakah RatingsAble bisa di perpanjang..saat ini?
Comment Author Avatar
19 April 2024 pukul 15.41 Hapus
Lihat di pojok kiri bawah. Jika tidak ada masa berlakunya, berati tidak perlu diperpanjang. ABLE terbitan 2021 sd 2023 yang ada di kapal saya saat ini, tidak ada masa berlakunya.