Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ELECTRICAL HAZARD: Apa artinya

electrical hazard artinya


Tanda peringatan hazard dan danger ditemukan juga di atas kapal. Misalnya:
  • Hazard: Electrical Shock
  • Danger: High Voltage

Apakah arti hazard dan apa bedanya dengan danger? Untuk menjawab, mari kita lihat contoh berikut:

Hazard

Di kapal tentu ada panel listrik. Jika tutupnya dibuka akan terlihat kabel-kabel listrik. Kabel-kabel itu ditata sedemikian rupa dengan perhitungan safety, terbagi menjadi kabel listrik-masuk dan kabel listrik-keluar ke pesawat-pesawat. Jika terjadi supply ke salah satu pesawat hilang, panel ini kemungkinan harus dicheck.

Hanya authorized personnel yang diijinkan melakukan pengecekan pada panel itu. Kenapa? Karena ada hazard, yaitu keadaan yang berisiko atau mengandung ancaman. Risiko atau ancaman itu tidak tampak mata. Tetapi akibat yang ditimbulkannya bisa nyata jika terjadi kesalahan.

Kesalahan itu misalnya, anggota tubuh memyentuh bagian telanjang yang aktif atau beraliran listrik. Atau secara tidak sengaja terjadi hubung singkat. Sengatan listrik, atau percikan api yang timbul akibat hubungan singkat dapat mengakibatkan cedera atau bahkan kehilangan nyawa.

Itu adalah contoh hazard listrik (electrical hazard). Di dalamnya ada risiko atau ancaman sengatan listrik atau kebakaran karena hubungan singkat. Sengatan listrik adalah ancaman terhadap nyawa manusia, sedang kebakaran merupakan ancaman terhadap barang, lingkungan, dan jiwa.

Hazard ada di mana-mana di area kerja. Di kamar mesin, di sekitar benda bergerak, benda berputar, benda yang diangkat. Hazard ada di store cat, store bahan kimia, ruang pompa, ruang battery, ruang dengan radiasi. Di area yang terdapat hazard pasti dipasang peringatan, CAUTION atau WARNING. Patuhi peringatan-peringatan itu.


Danger

Danger adalah keadaan berisiko yang lebih kecil daripada hazard. Danger lebih bersifat umum, merujuk pada keadaan yang berisiko, tak perduli besar atau kecil. Kerusakan yang ditimbulkan oleh danger bisa ringan bisa berat. Jika abk terpeleset, jatuh, engkel kaki keseleo, itu danger. Jika hanya siku lecet, itu juga danger.

Hazard adalah danger dengan risiko lebih serius, lebih besar.
Hazardous (adjective) = berbahaya, sangat berisiko.


Kata danger dalam kalimat:
  • Danger, strong current.
  • You are running into danger. Shallow water ahead of you.
  • I am in danger. I require immediate assistance.
  • Post warning sign of danger.

Dangerous (adjective) = berbahaya.
  • Do you have dangerous cargo on board?
  • Stop smoking. It is dangerous to your health.

Posting Komentar untuk "ELECTRICAL HAZARD: Apa artinya"