Mengenal Pesawat Bantu di Kapal, Fungsi dan Cara Kerjanya

Daftar Isi
Selain mesin induk (main engine) dan motor bantu (auxiliary engine) terdapat beberapa pesawat bantu (auxiliary machinery) di kapal, baik di deck mapun di kamar mesin.

Seperti namanya, pesawat bantu medukung kelancaran bekerjanya mesin tertentu atau operasional kapal secara umum.

Bekerjanya mesin induk atau motor bantu, misalnya, bergantung pada pesawat pendukung seperti pompa bahan bakar, pompa oli pelumas, pompa pendingin. Jika salah satu bermasalah, operasional dapat terganggu.

Pesawat bantu di kamar mesin

Pompa-pompa di kapal termasuk pesawat bantu. Yang berhubungan langsung dengan mesin induk dan motor bantu misalnya pompa bahan bakar, pompa minyak lumas, pompa pendingin. Yang menyangkut operasional secara umum seperti pompa ballast, pompa air tawar, pompa got, atau pompa general service (GS).

Pesawat bantu lainnya di lingkup kamar mesin diantaranya boiler, purifier, main air compressor, air conditioner, refrigerator, fresh water generator.

Boiler

Boiler atau ketel uap adalah bejana bertekanan, berisi air yang dipanaskan oleh tungku bakar (burner) untuk menghasilkan uap (steam). Energi panas dari uap digunakan untuk beberapa keperluan di kapal.

Pesawat Bantu - Boiler
Foto - Dany
Panas uap boiler utamanya digunakan untuk memanaskan bahan bakar kental FO atau HFO pada awal manuver berlayar. Ketika kapal sudah full away, digunakan economizer dengan memanfaatkan panas dari gas buang mesin induk.

Uap panas boiler juga disalurkan ke dapur untuk mendidihkan air minum sehingga air panas selalu tersedia untuk keperluan ABK.

Steam yang dihasilkan oleh ketel ini juga dapat digunakan untuk menghangatkan ruang akomodasi di musim dingin, memanaskan air mandi, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai penggerak pesawat-pesawat bantu.

Purifier

Bahan bakar atau minyak lumas sering kali kotor oleh lumpur, air atau partikel-partikel kecil. Karenanya perlu dibersihkan agar kinerja mesin maksimal. Pesawat bantu untuk membersihkan bahan bakar atau minyak lumas adalah purifier.

Pesawat bantu - purifier
FO purifier adalah purifier untuk bahan bakar FO. LO purifier adalah purifier untuk minyak lumas (lubricating oil/LO).

Purifier memisahkan kotoran-kotoran tsb melalui proses putaran tinggi.

Main Air Compressor

Kompresor udara bekerja mengompresi udara dengan menurunkan volumenya. Ketika volume turun, tekanan udara meningkat.

Main air compressor merupakan kompresor bertekanan tinggi, minimum 30 bars, digunakan untuk start mesin induk.

Udara start yang dihasilkan oleh main air compressor ditampung pada botol angin (air reservoir) dan siap digunakan bila tekanannya cukup.

Ketersediaan udara start sangat penting khususnya pada saat kapal olah gerak sandar atau lepas sandar. Lebih-lebih bila banyak menggunakan gerakan mesin, maju mundur.

Tekanan udara start yang kurang dapat berakibat pada gagal start main engine. Bila assist tidak ada, berisiko pada keselamatan.

Air Conditioner

Disingkat AC, atau central AC, adalah pesawat penyejuk ruangan. Pesawat ini menyejukkan antara lain cabin, mess room, office, control room.

Menyejukkan bukanlah mendinginkan seperti pada refrigerator. Ruang yang sejuk mempunyai suhu yang nyaman untuk manusia, antara 22-24 derajat Celcius.

Pada refrigerator, ruang bahan makanan didinginkan. Ruang sayur +10 derajat Celcius, ruang daging sampai -12. Tentu saja ruang dengan suhu demikian bukan tempat yang nyaman untuk manusia berlama-lama di dalamnya.

Refrigerator

Istilah mesin es sering digunakan untuk menyebut refrigerator, yaitu pesawat pendingin ruang. Ruang yang dimaksud dikenal dengan sebutan gandrum.

Gandrum adalah ruang dingin penyimpan bahan makanan. Ruang ini mempunyai tiga bilik, yaitu: ruang daging (meat), ruang sayur (vegetables), dan lobby.

Ruang daging mempunyai suhu -12 sd -10 derajat Celcius. Ruang sayur +10 derajat Celcius. Lobby bersuhu sekitar +8 derajat Celcius.

Lobby digunakan sebegai ruang pendingin awal sebelum daging, ikan, dimasukkan ke ruang beku. Atau sebagai tempat transit sebelum daging atau ikan yang beku itu dibawa ke dapur (galley) untuk dimasak.

Bagaimanakah ruang-ruang itu menjadi dingin?

Gas freon dari evaporator bertekanan rendah dihisap oleh kompresor kemudian dikeluarkan dengan tekanan tinggi, masuk ke kondensor untuk didinginkan oleh air laut dengan media pompa pendingin.

Gas freon menjadi cair, ditampung dalam sebuah penampung (receiver), kemudian mengalir ke expansion valve (klep ekpansi) melalui pengering (dehydrater). Gas freon kemudian dialirkan ke ruang-ruang dan terjadi pemuaian.

Gas freon yang memuai atau mengembang mengambil panas dari ruangan di sekitar dimana evaporator terpasang.

Gas freon yang digunakan oleh mesin es adalah freon 22. (Pesawat AC menggunakan freon 12).

Fresh Water Generator

Pesawat bantu FWG berfungsi merubah air laut menjadi air tawar melalui proses penguapan dan kondensasi.

Air laut dirubah menjadi air tawar melalui tahapan
1. Penguapan - air laut dirubah menjadi uap dalam evaporator.
2. Kondensasi - uap air laut didinginkan dengan cara kondensasi dalam kondenser.
3. Uap air laut yang dikondensasi akan menghasilkan air kondensasi.

Kapal-kapal yang dilengkapi dengan FWG dapat mengurangi ketergantungan supply air tawar dari darat.


Bacaan

  • https://dieselship.com/marine-technical-articles/marine-engineering-knowledge-general/marine-boilers/boiler-basics/
  • https://www.wartsila.com/encyclopedia/term/purifier
  • https://shipfever.com/purifier-basic-principle-working/
  • https://www.marineinsight.com/tech/air-compressor/the-basics-of-air-compressor-on-a-ship/

Posting Komentar