KADET di Kapal, Arti dan Tugasnya

kadet  arti dan tugasnya di kapal


Kadet (cadet) di kapal adalah taruna praktek. Mereka praktek berlayar selama dua belas bulan sebagai persyaratan wajib untuk dapat mengikuti ujian kompetensi sesuai jurusannya.

Kadet merupakan calon perwira. Selama praktek di kapal mereka mempelajari pekerjaan dasar harian dan tugas-tugas perwira di departemennya.

Meskipun berada di kapal, kadet tetap berkewajiban melengkapi tugas-tugas dari sekolahnya. Mengirimkan laporan kegiatan di atas kapal dalam periode tertentu, misalnya per tiga bulan.


Kadet Deck dan Tugasnya

Kadet deck (deck apprentice) adalah taruna praktek bagian deck. Selama dua belas bulan di kapal kegiatannya dibagi sbb:

Tiga bulan pertama ikut kerja harian bersama bosun. Di sini kadet deck mulai:
  • Berkenalan dengan bagian-bagian kapal dan fungsinya.
  • Belajar tentang pekerjaan harian khususnya perawatan kapal dan sounding tanki-tanki.

Tiga bulan kedua ikut jaga mualim tiga. Kadet deck belajar mengenai tugas dan tanggung jawab mualim tiga saat di laut dan di pelabuhan. Bersama mualim tiga kadet deck akan:
  • Belajar membuat ship condition
  • Merawat alat-alat keselamatan, seperti sekoci, pemadam, dll.
  • Saat jaga di laut, kadet deck akan berlatih bernavigasi, mengisi jurnal.
  • Pada saat standby muka-belakang (maneuver berlabuh, sandar, berangkat), kadet deck akan mempelajari perintah-perintah dari anjungan ke haluan mengenai operasi jangkar (anchoring) atau tali-tali kapal (mooring lines) dan tindakan yang harus dilakuan di haluan.
  • Jika mualim tiga bertugas mengurusi surat-surat kapal dan dokumen crew, maka kadet deck akan belajar sertifikat atau dokumen apa saja yang ada di kapal dan apa yang perlu dilakukan sebelum expire.

Tiga bulan ketiga ikut jaga mualim dua. Bersama mualim dua kadet deck akan mempelajari tugas dan tangung jawab mualim dua. Kadet deck dapat:
  • Meningkatkan pengetahuan bernavigasinya.
  • Belajar cara menggunakan dan merawat peralatan navigasi.
  • Membuat noon report, mengoreksi peta, mengelola publikasi dan obat kapal.
  • Dalam hal membuat noon report, kadet deck akan berjumpa dengan istilah seperti distance, total distance, distance to go, steaming time, total steaming time, sea speed, average speed.
  • Bagian penting dalam membuat noon report adalah bagaimana menghitung estimasi tiba (ETA) di pelabuhan tujuan.
  • Pada saat standby muka-belakang (maneuver sandar, berangkat) kadet deck belajar memahami perintah-perintah dari anjungan menyangkut tali-tali kapal dan tindakan yang perlu dilakukan di buritan.

Tiga bulan keempat ikut jaga mualim 1. Ini adalah periode terakhir praktek berlayar kadet di kapal. Di sini kadet deck akan:
  • Mempelajari tugas dan tanggung jawab mualim 1.
  • Mendapatkan pengetahuan tentang sistem bongkar muat dan dokumennya,
  • Memahami stabilitas kapal, konstruksi dan bangunan kapal, dll.

Pada akhir praktek kadet deck akan menyerahkan buku saku untuk diisi dan ditandatangani oleh mualim 1. Buku saku ini berisi conduite kadet selama praktek berlayar.


Kadet Mesin dan Tugasnya

Kadet Mesin (engine apprentice) adalah taruna praktek bagian mesin. Selama 12 (duabelas) di kapal kegiatannya antara lain:

Tiga pulan pertama ikut kerja harian bersama mandor mesin. Di periode ini dia mulai berkenalan atau membiasakan diri dengan lingkup kerja di kamar mesin. Dengan membantu mandor bekerja dia akan mengenal alat-alat yang digunakan dan pekerjaan perawatan yang dilakukan mandor seperti pengelasan, skir klep, dll.

Tiga bulan kedua ikut jaga masinis 4. Di sini dia akan mengenal macam-macam pompa, cara kerja dan perawatannya.

Tiga bulan ketiga kadet mesin ikut jaga masinis 3. Dia akan belajar tentang auxliary engine (generator), cara kerja dan perawatannya. Kadet mesin juga akan belajar menghitung pemakaian bahan bakar.

Tiga bulan keempat kadet mesin ikut jaga masinis 2. Ini tiga bulan terakhir yang sangat penting. Dia akan berkenalan dengan pesawat penggarak utama, yaitu mesin induk. Dia harus mempelajari cara kerja dan perawatannya. Dia juga harus mempelajari sistem pendingin, sistem pelumasannya. Bulan ke-10 biasanya kadet mesin sudah diminta untuk start mesin induk saat olah gerak.


Nasihat bagi kadet sebelum naik kapal

  1. Tujuan kadet naik kapal adalah mempraktekaan apa yang sudah dipelajari di bangku pendidikan. Ambil ilmunya. Jangan menghabiskan waktu dengan mengeluh karena banyaknya perintah dari perwira sehingga kurang istirahat.
  2. Apa yang dipraktekkan di atas kapal pada dasarnya sudah diperkenalkan di bangku sekolah. Jadi jangan sampai naik ke kapal dengan bekal pengetahuan yang nol besar, tidak mengerti apa-apa. Bagi kadet deck setidaknya mengerti, misalnya apa itu radar, apa fungsinya. Apa itu membaring, bagaimana membaring di peta. Apa itu sounding dan bagaimana melakukannya.
  3. Kadet mesin jangan sampai tidak tahu apa itu mesin induk, apa bedanya dengan mesin bantu. Apa bedanya mesin empat tak dan mesin dua tak.
  4. Bawalah buku atau buku catatan yang bisa dirujuk untuk mencari informasi yang diperlukan. Teknologi internet sudah sangat maju dan itu dapat digunakan untuk menambah pengetahuan bahkan menjawab pertanyaan. Cukup banyak web site maritim yang baik yang dapat dijadikan rujukan.


Belum ada Komentar untuk "KADET di Kapal, Arti dan Tugasnya"

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silakan comment sesuai tema. Iklan dan link hidup akan dihapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel