NO SMOKING: Dilarang Merokok atau Dilarang Membuat Asap?

NO SMOKING

Sebuah akun facebook di sebuah group memosting bahwa No Smoking bukanlah dilarang merokok, tetapi dilarang membuat asap. Sayang tidak ada argumen lanjut dari pernyataan itu.

Saya tertarik menanggapinya. Dari sudut bahasa, kata smoking berasal dari smoke. Merujuk kepada kamus Webster dan Oxford , keduanya memberi arti
1. asap
2. rokok
3. merokok

Asap rokok adalah produk dari  kegiatan merokok.  Asap yang dihasilkan itu secara medis diyakini dapat mengganggu kesehatan bukan saja perokoknya, tetapi juga orang lain di sekitarnya yang terpapar. Bahkan dinyatakan, perokok pasif  akan terdampak lebih parah.


Efek merokok dimulai dari batuk-batuk, iritasi tenggorokan diikuti oleh nafas yang tidak segar. Seiring perjalanan waktu, keadaan yang lebih parah dapat terjadi seperti gangguan jantung, bronkitis, kanker, dll.


Di kapal yang dilengkapi smoke detector, asap rokok dapat memicu alarm berbunyi jika asap rokok tertangkap oleh sensornya. Itu sebabnya disediakan tempat khusus untuk merokok yang disebut  smoking room atau smoking area.  Jadi, dalam kontek ini, merokok tidak dilarang tetapi harus dilakukan di tempat yang disediakan, yang telah dikondisikan untuk itu. 

Untuk merokok orang harus menyulutnya. Menyulut rokok berarti menyalakan api. Api tersebut termasuk naked fire, api telanjang. No Naked Fire artinya dilarang menyulut api. Sebetulnya api telanjang itu yang berbahaya, berisiko tinggi khususnya di kapal-kapal seperti kapal tanker minyak, tanker gas, tanker LPG. Udara di sekitar kapal itu mengandung gas yang mudah terbakar. Api sekecil  bara di ujung rokok itu cukup untuk menyulut nyala api yang akan melahap kapal beserta seluruh isinya. 


Dengan argumen di atas, saya meyakini, padanan yang tepat untuk No Smoking adalah  Dilarang Merokok, bukan  Dilarang Membuat Asap.


Dimana sajakah orang dilarang merokok
Pada umumnya orang dilarang merokok di fasilitas umum  seperti di atas angkutan umum, rumah sakit.  Di angkutan umum asap rokok mengganggu penumpang lain. Di rumah sakit asap rokok mengganggu para pasien. Di ruang be-AC asap rokok dihisap AC kemudian dikembalikan lagi ke dalam ruangan itu, dihirup oleh orang-orang di dalamnya. Di atas kapal yang berisiko tinggi terhadap api, maka merokok di luar tempat atau area yang ditentukan sangat berbahaya.


Cara cepat berhenti merokok
Kapankah sebaiknya berhenti merokok? Jawabnya, sekarang. Bagaimana caranya? Cara tercepat untuk berhenti merokok adalah: Jangan merokok.
                                          

Tentang api, kebakaran, FIRE dapat dibaca di sini.




Gratis berlangganan artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "NO SMOKING: Dilarang Merokok atau Dilarang Membuat Asap?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel